Kamis, 25 November 2010

Tips merawat rambut berjilbab

Rambut indah berawal dari kulit kepala yang sehat. Salah satu syarat agar memiliki kulit kepala yang sehat adalah kulit kepala tidak lembab. Bagi yang menggunakan jilbab atau sering menutup rambut dengan penutup kepala, ini akan menjadi kendala karena kulit kepala menjadi sangat lembab. Kulit kepala yang lembab dapat memperbesar kemungkinan rambut menjadi mudah rontok.

Seperti pengalaman saya beberapa tahun lalu ketika baru pertama kali menggunakan jilbab, masalah kerontokan rambut menjadi masalah besar. Awalnya hanya beberapa helai saja, tapi lama-kelamaan hampir satu genggam. Sudah berulang kali ganti shampoo untuk rambut rontok, tapi malah timbul ketombe. Bagi Anda yang berjilbab, merawat rambut memang agak susah, namun yakinlah kalau kita tahu bagaimana merawat rambut berjilbab dengan baik dan benar Insya Allah rambut akan tetap sehat. Asal Anda tahu bukan bermaksud promosi saya juga berjilbab dan alhamdullillah rambut tetap sehat walau sering minim udara.

Untuk itu simak tips berikut ini:

1.
Biarkan rambut benar-benar kering sebelum menutupnya dengan berjilbab. Ini menghindari rambut mudah patah dan bau apek.
2.Pilihlah kerudung atau jilbab dari bahan yang mudah menyerap keringat. Seperti katun atau kaos. Bahan kain yang mudah menyerap keringat dan berpori-pori besar sangat berguna untuk memudahkan sirkulasi udara di kepala. Sutra dan satin lembut juga bagus untuk rambut karena membantu kelancaran sirkulasi udara rambut.
3. Anda suka model kerudung modern. Boleh saja anda mengkreasikan model kerudung anda hingga berlapis-lapis. Tapi ingat jangan lebih dari 4 helai ya. Semakin tebal kerudung anda, makin sulit rambut anda bernafas. Hindari menggunakan lapisan kerudung dengan terlalu sering dan kencang. Selain membutat rambut sulit bernafas, hal ini juga berpotensi untuk membuat kulit kepala lembab.Tentunya pemakaian kerudung berlapis-lapis lebih baik digunakan di saat acara khusus saja seperti pesta.
4. Jika hendak menggunakan jilbab jangan mengikatnya terlalu kencang.
5. Hindari warna gelap untuk kerudung atau jilbab di saat udara panas.Warna gelap mudah menyerap matahari. Jika aktivitas anda lebih banyak di bawah sinar matahari lebih baik pilih warna lembut atau putih.

6.
Jika tidak sedang berjilbab lebih baik biarkan rambut terurai biar bernafas bebas.
7. Keramaslah dengan shampoo ringan berbahan alami, sekarang juga sudah ada shampoo khusus untuk rambut berjilbab. Sebelum keramas olesi kulit kepala denga jeruk nipis agar rambut terhindar dari ketombe dan ke;lembapan rambut tetap terjaga.
Keramaslah 3 - 4x seminggu. Setelah keramas gunakan conditioner atau hair treatment yang 1 paket dengan shampoonya.
8. Oleskan bagian dalam kulit semangka (lapisan berwarna putih) pada kulit kepala agar rambut tidak rontok. (1 bulan sekali)
9. Sisir rambut dengan sikat rambut yang halus sebelu tidur dengan 1 arah (atas ke bawah).

Tidak ada komentar: